You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
angkot_ngetem_macet_dokbj.jpg
....
photo doc - Beritajakarta.id

DKI Akan Hilangkan Sistem Setoran Angkot

Untuk memberikan keamanan sekaligus kenyamanan, Pemprov DKI Jakarta berencana meremajakan  angkutan umum di ibu kota. Tak hanya itu, Pemprov DKI juga berencana mengubah manajemen angkutan umum seperti yang diterapkan pada Transjakarta.

Kami akan menerapkan sistem manajemen seperti pengelolaan bus Transjakarta pada armada reguler non busway di ibu kota. Kami juga akan alihkan kepemilikannya kepada pemerintah dan jenisnya akan disesuaikan dengan rute yang akan dilalui

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Muhammad Akbar mengatakan, pihaknya akan menerapkan sistem manajemen bus Transjakarta pada angkutan umum non reguler busway. Nantinya, manajemen tersebut akan fokus pada bagian manajemen setoran dan kepemilikan angkutan termasuk jadwal operasi dan angkutan dan jenis fisik angkutan umum.

"Kami akan menerapkan sistem manajemen seperti pengelolaan bus Transjakarta pada armada reguler non busway di ibu kota. Kami akan alihkan kepemilikannya kepada pemerintah dan jenisnya akan disesuaikan dengan rute yang akan dilalui," ujar Akbar di Balaikota, Senin (21/4).

DKI Godok Revitalisasi Angkot di Ibu Kota

Dikatakan Akbar, dengan sistem itu, pihaknya akan menghilangkan sistem setoran dengan cara kepemilikan angkutan daerah ke Pemprov DKI. Dengan begitu diharapkan para sopir angkutan tak perlu lagi mengejar setoran yang mengakibatkan ugal-ugalan di jalan raya.

Sedangkan untuk jenis angkutannya, pihak dishub akan memakai Bus Kota Terintegerasi Busway (BKTB) dalam mengangkut penumpang dan meneruskan rute ke wilayah pedalaman dengan memakai armada kecil seperti mikrolet. "Kita sesuaikan dengan rute-rute jalannya. Kalau dia jalannya besar, cukup bus medium ya bus medium. kalau memang jalannya kecil dengan mikrolet," kata Akbar.

Hal ini, kata Akbar, dilakukan karena pihak swasta atau Organda DKI Jakarta dinilai gagal dalam mewujudkan sistem transportasi ideal bagi warga ibu kota.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1225 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1130 personTiyo Surya Sakti
  3. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1125 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1058 personNurito
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1008 personAldi Geri Lumban Tobing